Kamis, 02 Mei 2013

Skema Rangkaian Elektronika Sederhana

Skema rangkaian elektronika sederhana dapat di peroleh baik dari membuat design skema rangkaian sendiri menggunakan software yang sudah saya jelaskan dipostingan saya sebelumnya disini, ataupun dapat juga diperoleh dari jurnal jurnal online di internet.
Pada kali ini kita akan membahas beberapa contoh skema rangkaian elektronika yang sangat simple tapi fungsionable atau berguna bagi kita sendiri.
Langsung saja kita bahas skema simple tersebut :
1. Pendeteksi Suara Sederhana
Berikut ini adalah gambar skema rangkaian nya
Skema rangkaian elektronika sederhana
Suara adalah gelombang mekanis yang merupakan osilasi tekanan yang ditularkan melalui gas padat dan cair, atau, terdiri dari frekuensi dalam kisaran pendengaran dan dari tingkat yang cukup kuat untuk didengarkan, atau sensasi yang dirangsang pada organ pendengaran oleh getaran seperti propagasi suara. Hal yang sangat mengasyikan dan menyenangkan bila kita bisa mendeteksi suara dengan jelas dari jarak jauh.
Sobat pembaca sekalian, untuk bisa mendeteksi suara dari jarak jauh kita membutuhkan alat khusus. Namun jangan khawatir kali ini kita akan membahas sebuah alat, yakni pendeteksi suara sederhana.
Alat ini menggunakan kabel tunggal seperti kabel speaker atau kabel bel. Rangkaian ini dapat diposisikan jarak jauh, misalnya, di bagian bawah kebun atau garasi, dan digunakan untuk mendeteksi semua suara di daerah itu.
Kabelnya pun dapat dikubur dalam selang atau saluran dan tersembunyi dari pandangan. Mic adalah insert mic biasa dinamis dan harus ditempatkan di sebuah wadah (chasis) tahan air dengan seluruh rangkaian.
Adapun cara bekerja skema rangkaian elektronika sederhana sebagai pendeteksi suara sederhana ini adalah sebagai berikut.
Output mic diperkuat oleh dua transistor, output diumpankan ke kabel melalui kapasitor 220u. Di sini, ia juga memiliki tujuan ganda untuk mencegah pasokan DC dari gangguan bias dari rangkaian, dan juga memungkinkan output audio AC yang lebih kecil untuk meluncur di jalur. Pada power supply, audio pulih oleh kapasitor preset dan 220u 10k. Hal ini digunakan untuk memberi umpan penguat audio kecil.

2. Detektor Hujan
Berikut ini adalah gambar skema rangkaian nya :
skema rangkaian elektronika sederhana
Untuk contoh yang satu ini mari kita langsung bahas ke cara kerja rangkaiannya
Sensor dipasang ditempat yang terkena hujan dengan dua buah kabel. Dibuat kepingan logam dengan jarak 2mm dan dilapisi kain. Maka apabila sensor terkena hujan rangkaian akan mengeluarkan suara. Rangkaian ini dapat diaplikasikan lain, misal di sambung dengan rangkaian lain.
Dari dua contoh skema rangkaian elektronika sederhana diatas, mudah mudahan bisa menginspirasi temen temen bahwa belajar rangkaian elektronika itu mudah dan murah, jadi tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Membuat Sensor Lampu Otomatis Sederhana

Selamat Datang Kembali di Pusat Pengetahuan Teknologi. Sensor Lampu yang akan kita buat sangat sederhana sekali hanya dengan menggunakan komponen LDR ( Light Dependent Resistor ). Rangkaian ini sangat cocok bagi anda yang malas untuk mematikan lampu pada siang hari dan menghidupkanya pada malam hari saat lokasinya cukup jauh dari Anda.  Misalnya : Lampu Penerangan Jalan yang posisi tombol saklarnya berada di luar rumah, dsb.

Apakah sich LDR  itu ???
Mungkin dari sebagian pembaca ada yang belum mengerti tentang yang dimaksud dengan LDR. Om Eyuana akan coba menjelaskan sedikit tentang benda tersebut. LDR merupakan jenis sensor cahaya dari bahan semikonduktor yang karakteristik listriknya berubah-ubah sesuai dengan cahaya yang diterima. Bahan yang digunakan adalah Kadmium Sulfida (CdS) dan Kadmium Selenida (CdSe). LDR akan memiliki nilai resistansi tinggi jika menerima intensits cahaya yang tinggi, begitu juga sebaliknya.

Skema Rangkaian Sensor Lampu Otomatis Sederhana

sensor

Rangkaian diatas bekerja dengan menggunakan catu daya 9 volt DC. Transistor Q1 menggunakan tipe NPN ( C829, C930, C945 atau sejenisnya ). Resistor variabel digunakan untuk menyesuaikan kepekaan. Jangan lupa relay RL1 juga ukuranya 9 volt. Jika sudah menggunakan rangkaian tersebut anda tidak perlu lagi menggunakan tombol saklar untuk lampu penerangan anda. Jalan-jalan ke pasar pagi jangan lupa membeli burung, segini dulu buat berbagi lain kali ane sambung....Terima kasih